Thursday 31 August 2017

10 CARA MENGHILANGKAN JERAWAT DAN MERAWAT WAJAH

Taukah anda,Siapa yang tidak kesal cobak? jika memiliki kulit berjerawat,kulit kusam,berdebu,berminyak,jika kulit kita yang bermasalah satu ini sering membuat kita tidak percaya diri dalam berkarir di dunia luar.cara menghilangkan jerawat
Kulit berjerawat atau acne vulgaris dalam istilah medis adalah terjadinya benjolan yang timbul akibat penyumbatan kotoran/debu dipori atau peradangan pada kulit yang disertai dengan nanah atau darah.
Terdapat beberapa banyak faktor yang dapat membuat/memicu timbulnya masalah jerawat diantaranya infeksi akibat bakteri P. acne, kulit berminyak, ketidakseimbangan hormon, pola makan yang tidak sehat dan lain sebagainya.

Cara menghilangkan jerawat secara alami

       Di seluruh dunia terutama di indonesia banyak cara yang dilakukan orang untuk menghilangkan masalah kulit berjerawat. Mulai dari facial di salon atau klinik kecantikan ternama hingga membeli produk-produk penghilang jerawat.
Bagi anda yang ingin mengatasi jerawat dengan biaya yang murah,anda wajib mencoba dengan mulai menggunakan bahan-bahan alami yang telah terbukti mampu mengatasi masalah jerawat, meskipun efeknya tidak secepat produk anti jerawat yang dijual di pasaran,akan tetapi menurut saya lebih baik memnggunakan yang alami karena lebih sehat dan tidak mengandung bahan kimia.

Berikut adalah beberapa cara menghilangkan jerawat dengan bahan-bahan alami :


1. Masker Alpukat dan Madu

cara menghilangkan jerawat Seperti yang kita ketahui,Alpukat dan madu adalah salah satu kombinasi terbaik untuk mengatasi masalah jerawat. Madu,adalah bahan alami yang sudah dikenal sejak dulu memiliki banyak manfaat untuk kulit karena mengandung hidrogen peroksida yang bersifat antibakteri,yang sangat bagus nuntuk kulit baik pengobatan maupun pencegahan.

Sementara alpukat kaya akan vitamin E yang dapat menembus pori – pori kulit dan mengurangi peradangan pada kulit.

Tata cara mengolahnya :

  1. Ambil daging buah alpukat dan masukkan ke dalam wadah.
  2. Haluskan daging buah alpukat.
  3. Tambahkan satu sendok madu lalu aduk hingga rata.
  4. Tambahkan juga perasan lemon (opsional). 
  5.  Aplikasikan masker pada wajah yang berjerawat selama 15 – 20 menit.
  6. Bilas dengan air hangat.

2. Baking Soda

cara menghilangkan jerawatLain halnya jika kita menggunakan Baking soda yang dapat menetralkan keasaman kulit sehingga bakteri penyebab jerawat tidak mampu hidup lama pada wajah anda. Tidak hanya membunuh bakteri, baking soda juga dapat mengikis sel kulit mati dan membersihkan pori – pori yang tersumbat serta menyerap minyak berlebih,ini sangat membantu dalam menghilangkan kulit yang berminyak. 

Tata cara mengolahnya :
  1. Buatlah pasta baking soda dengan mencampur 2 sendok makan baking soda dengan 1 sendok makan air,  kemudian oleskan pada area kulit wajah yang berjerawat
  2. Biarkan pada wajah selama kurang lebih 15 menit kemudian bilas dengan air hangat dan keringkat
  3. Perlu diperhatikan, sebelum menggunakan pasta baking soda sebaiknya anda mengecek terlebih dahulu reaksinya pada kulit anda. Oleskan sedikit pasta pada sebagian area wajah. Jika tidak muncul reaksi kulit yang kemerahan, maka pemakaian bisa dilanjutkan.

3. Lemon

cara menghilangkan jerawatyang terkandung Asam askorbat-L dalam lemon dapat mengurangi masalah peradangan pada kulit berjerawat serta membersihkan pori – pori wajah yang tersumbat. Lemon juga dikenal sangat baik sebagai pencerah kulit sehingga kulit tidak terlihat berminyak dan dapat menghilang noda pada wajah.
Tata cara mengolahnya :
  1. Siapkan satu buah lemon.
  2. Tekan sedikit lemon, potong menjadi dua bagian, lalu peras. 
  3.  Oleskan pada wajah anda.
  4. Biarkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air dingin dan keringkan dengan handuk.
  5. Lakukan perawatan ini secara rutin sekali dalam sehari untuk mengatasi masalah jerawat.

4. Pasta gigi

cara menghilangkan jerawatFluoride, triclosan, hidrogen peroksida adalah beberapa bahan aktif yang terdapat dalam pasta gigi yang dapat mencegah iritasi kulit, mengeringkan jerawat dan mengurangi peradangan pada wajah. Cara menggunakan pasta gigi sebagai obat jerawat juga sangat mudah.
  1. Oleskan pasta gigi langsung pada jerawat dan hindari mengoleskan pasta gigi ke seluruh area kulit wajah 
  2.  Biarkan selama kurang lebih 2 jam atau semalaman 
  3.  Bilas wajah dengan air dingin dan keringkanSebaiknya hindari penggunaan pasta gigi pada kulit sensitif.
  4. Pilih pasta gigi dengan kandungan floride yang lebih rendah. Jika mungkin, gunakan pasta gigi organik.

5. Ketimun

cara menghilangkan jerawatTidak kita sadari jika bahwasannya ketimun memiliki manfaat yang luar biasa untuk kulit kita. Ketimun kaya akan antioksidan, mineral, asam amino dan vitamin C yang berkhasiat untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh, membersihkan jerawat serta melembabkan kulit.
  1.  Potong ketimun tipis tipis lalu aplikasikan pada wajah yang berjerawat dan diamkan selama kurang lebih 15 menit
  2.  Bilas wajah dengan air hangat
  3. Untuk hasil yang lebih maksimal, minumlah jus ketimun yang dicampur dengan perasan jeruk nipis. Jus ketimun dapat membersihkan tubuh dan mengeluarkan racun dari dalam. 
  4.  6. Minyak Pohon Teh ( Tea Tree Oil)

    cara menghilangkan jerawatTea tree oil atau minyak pohon teh adalah bahan yang biasa kita temui di dalam produk – produk anti jerawat. Minyak pohon teh adalah minyak daun tanaman malaeuca yang berasal dari Australia . Zat terpenoid dalam minyak pohon teh dapat mengusir bakteri penyebab jerawat sehingga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat.
    Tata cara mengolahnya : 
    1.  Campurkan 5 ml minyak pohon teh dengan 95 ml air
    2. Oleskan pada area kulit yang berjerawat dengan kapas
    3. Lakukan 2 – 3 kali sehari
    Perhatian :
    Minyak pohon teh dapat menimbulkan alergi pada kulit. Sebelum mengaplikasikannya pada kulit, ada baiknya menguji reaksinya terlebih dahulu.
    Oleskan sedikit minyak pada pergelangan tangan dan lihatlah reaksinya setelah beberapa jam. Apabila tidak timbul reaksi seperti kemerahan atau gatal, maka minyak dauh teh aman jika diaplikasikan pada wajah yang berjerawat.

    7. Kulit Jeruk

    cara menghilangkan jerawatVitamin C dan asam alpha hidroksi dalam kulit jeruk mampu membersihkan pori – pori kulit yang tersumbat debu dan kotoran serta mengangkat sel kulit mati.
    Tata cara mengolahnya :
    1. Keringkan kulit jeruk di bawah matahari selama beberapa hari sampai benar benar kering.
    2. Haluskan kulit jeruk yang telah dikeringkan tadi
    3. Tambahkan air secukupnya pada bubuk kulit jeruk dan aduk hingga menjadi pasta 
    4.  Oleskan pasta pada wajah yang berjerawat dan diamkan selama beberapa menit 
    5.  Bilas dengan air hangat

     

    8. Cuka Sari Apel

    cara menghilangkan jerawatCuka sari apel yang biasa anda beli di supermarket dapat digunakan untuk mengatasi masalah jerawat. Cuka sari apel mengandung asam malat dan asam laktat yang dapat mengangkat sel kulit mati serta antioksidan yang berfungsi mempercepat proses penyembuhan kulit akibat jerawat.
    Tata cara mengolahnya : 
    1.  Campurkan 5 ml cuka sari apel dengan 95 ml air
    2. Oleskan pada wajah yang berjerawat menggunakan kapas
    3. Biarkan selama 10-20 menit kemudian bilas dengan air hangat
    4. Untuk hasil yang lebih efektif, lakukan sebelum tidur dan biarkan selama semalaman

     

    9. Putih Telur

    cara menghilangkan jerawatPutih telur dapat mengecilkan pori – pori kulit serta mengurangi minyak berlebih yang merupakan penyebab jerawat. Enzim lysozim yang terkandung dalam putih telur dapat menghancurkan dinding sel bakteri penyebab jerawat.
    Selain itu, putih telur juga terbukti ampuh untuk menghilangkan komedo yang biasanya bersarang di hidung.  Tata cara mengolahnya : 
    1. Ambil sebutir telur, pisahkan kuning dan putih telur. 
    2.  Kocok putih telur hingga mengembang
    3. Oleskan pada wajah hingga mengering 
    4.  Bilas dengan air hangat

     

    10. Lidah Buaya

    cara menghilangkan jerawatLidah buaya dikenal sebagai bahan alami yang ampuh mengatasi masalah jerawat. Lidah buaya mengandung banyak zat aktif yang dapat mengusir jerawat.
    Beberapa diantaranya adalah hormon giberelin dan polisakarida yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat serta antioksidan, mineral, vitamin C dan E yang mempercepat penyembuhan kulit yang berjerawat.
    Tata cara mengolahnya :
    1. Potong lidah buaya menjadi dua bagian.
    2. Potong bagian samping lidah buaya yang berduri
    3. Iris bagian atas untuk mengambil gelnya, kemudian masukkan ke dalam wadah
    4. Haluskan gel lidah buaya
    5. Oleskan gel lidah buaya pada area kulit yang berjerawat
    6. Biarkan selama 3 – 5 menit.
    7. Bilas dengan air dingin
      
    Demikian artikel 10 cara menghilangkan jerawat dan cara merawat wajah,semoga memberikan manfaat kepada pembaca dan bisa di praktekkan langsung di rumah masing2.
    assalamu'alaikum wr.wb

Silahkan Berkomentar Disini

3 komentar